Semoga selalu bertahan, selalu kuat dan selalu semangat ^_^

Rabu, 29 April 2015

Mengenal distro Linux Lite

[Artikel terjemahan]

 Mengenal Sistem Operasi Linux Lite

Logo-Linux-Lite
Linux Lite adalah distro turunan Ubuntu LTS. LTS sendiri ialah singkatan dari ‘Long Term Support’ (dukungan jangka panjang) yang berarti setiap rilisnya mendukung dukungan selama 5 tahun. Inilah hal yang sangat penting untuk stabilitas Distro ini karena anda hanya perlu memasang maupun mengupgrade ke sistem operasi terbaru setiap lima tahun sekali. Saat periode “lima tahunan sekali”, sistem anda akan secara berkesinambungan mendapat perbaruan sistem melalui repositori Linux Lite. Linux Lite sepenuhnya memiliki fungsi “out-of-the-box”. Maksudnya, anda tidak harus memasang perangkat lunak tambahan ketika anda menggunakan komputer setelah pemasangan sistem operasi. Kami percaya bahwa sebuah komputer sebaiknya langsung siap digunakan setelah pemasangan suatu sistem operasi tanpa melakukan instalasi perangkat lunak tambahan maupun aplikasi lainnya lagi. Anda akan memerlukan kemampuan semacam ini dalam menggunakan komputer, sehinga kami berusaha memudahkan anda untuk mendapatkan perangkat lunak yang sesuai. Silakan kunjungi laman http://www.linuxliteos.com/feedback.html untuk melihat apa yang orang-orang katakan mengenai Linux Lite.


Login
Dengan tampilan login(masuk) yang rapi dan stylish, anda hanya perlu klik pada username(nama pengguna) anda dan masukan password(kata sandi)-nya dan anda akan masuk ke desktop komputer. Linux Lite juga memiliki kemampuan untuk booting(menghidupkan) dan shutdown(mematikan) komputer dengan cepat.


Desktop
Tampilan Desktop Linux Lite secara default(bawaan) rapi, bersih dan sederhana. Dengan kemudahan akses pada Menu, System setting(pengaturan sistem) dan konfigurasi. Oleh karena itu, menavigasi dan melakukan komputasi di Linux Lite menjadi sederhana dan intuitif.



Menu
Kami menawarkan menu dengan label yang lebih jelas dan memudahkan anda untuk menemukan aplikasi yang anda cari. Apapun yang anda cari baik itu aplikasi teks editor maupun aplikasi untuk menyimpan data atau burning ke dalam CD, mencari dan menggunakan program yang akan anda pakai adalah hal yang mudah dilakukan di Linux Lite.


Folder
Dengan sebuah folder(direktori) untuk setiap kategori dari dokumen maupun video, menkoordinir file-file akan menjadi lebih mudah. Akses ke dalam jaringan komputer dan sistem drive pun berada dalam satu lokasi.


Task
Banyak hal yang telah dilakukan guna memberikanpengalaman komputasi di dalam Linux Lite yang cepat dan responsif.Hasilnya, terdapat banyak cadangan sumber daya untuk memenuhi kebutuhanmulti-tasking.


 
Bantuandan Dukungan
Bantuan dan dukungan di dalamLinux Lite menawarkan anda banyak pilihan.Anda dapat melihat rujukan 'Help Manual'(bantuan manual) pada Menu atau  kunjungi situs http://linuxliteos.com/manual atauforum Linux Lite di http://linuxliteos.com/forum/index.php.


 Instalasi
Linux Lite dapat diunduh darisitus http://www.linuxliteos.com/download.html.Jika koneksi internet anda lambat atau tidakmemungkinkan untuk mengunduh Linux Litedari internet, anda juga dapat membeliDVD Linux Lite dari laman http://www.osdisc.com/products/linux/linuxlite.

Setelahdiunduh,anda dapat menggunakan Unetbootin untuk memasang installer Linux Lite ke dalamUSB Drive(biasa dikenal Flashdisk) atau anda jugadapat memasang Linux Lite melalui perangkatDVD.

Saatanda menggunakan media instalasi USB Driver maupun DVD, anda dapat memilihuntuk booting menggunakanLive mode maupun booting untukmemasang Linux Lite ke dalam harddisksecara langsung. Live mode adalah fitur yang memungkinkan pengguna mencoba sebuah sistem operasi yang akan diterapkan tanpa harus memasangnya terlebih dahulu ke dalam harddisk.

Linux Lite berjalan sangat baik di dalam Live Mode. Jika anda ingin memasang Linux Lite ke dalam harddisk anda, klik ikon bernama “install” di pojok kiri atas tampilan Desktop. Dengan mengklik ikon tersebut, akan muncul sebuah installer yang bernama Ubiquity. Ubiquity adalah installer yang umum digunakan pada Distro Linux berbasis Ubuntu.

Installer Linux Lite mudah untuk diikuti.

Hal pertama yang dilakukan adalah memilih apakah anda akan memasang Linux Lite menggantikan sistem operasi yang ada di dalam harddisk atau berdampingan dengan sistem operasi yang ada di dalam harddisk.

Selanjutnya pilih apakah anda akan mengunduh Updates(pembaruan) saat instalasi dan menginginkan perangkat lunak pihak ketiga untuk diterapkan ke dalam sistem. Perangkat lunak pihak ketiga memungkinkan anda untuk dapat melihat video flash dan membuka file mp3.

Saat anda klik nextuntuk memasang file mulai menyalin dari DVD atau USB dan anda dapat menentukan username untuk masuk ke Linux Lite dan menentukan lokasi serta zona waktu

Instalasi Linux Lite membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Jika anda memilih mengunduh updates saat instalasi, maka kecepatan koneksi internet yang anda gunakan turut memengaruhi waktu instalasi.

Saat instalasi selesai, anda dapat melanjutkan live mode  atau anda juga dapat menghidupkan kembali komputer untuk menggunakan sistem operasi Linux Lite yang telah dipasang di sistem komputer anda.
-      Prosessor
: 700 MHz ke atas baik 32bit maupun 64bit
   (khusus untuk 32bit, harus mendukung PAE)
-      RAM
: 512 MB
-      Harddisk
: 5 GB
-      VGA yang dapat menampilkan resolusi 1024x768


Kesan pertama


Linux Lite memuat tampilan layar belakang berwarna hitam dengan logo Linux Lite di tengahnya. Terdapat taskbar di bagian bawah dengan sebuah menu, launch bar dan system tray.


Taskbar di atas memiliki sebuah menu, 3 ikon yang berada di quick launch (ikon yang nampak adalah Firefox, Thunar file manager dan Terminal) serta system tray dengan ikon virtual workspace, ikon jaringan, ikon baterai dan jam digital.

Linux Lite menggunakan DE (environmet desktop) XFCE. Jika anda tidak menyukai tampilan bawaan Linux Lite, anda dapat mengikuti tutorial untuk kostumasi XFCE http://www.everydaylinuxuser.com/2012/11/xubuntu-1210-day-2-customise-desktop.html.


Pengguna sistem operasi Windows akan merasa terbiasa dengan sistem Linux Lite. Mengapa demikian? Karena tampilan menu di Linux Lite terbilang hampir sama dengan tampilan menu di sistem operasi Windows. Zorin OS dan Linux mint dengan Desktop Cinnamon juga menyediakan tampilan dan rasa yang hampir sama dengan sistem operasi Windows.


Menghubungkan ke Internet

Insert-key-Wicd-Linux-Lite
Untuk terhubung ke internet, klik ikon jaringan yang berada di system tray. Alternatifnya, klik ikon menu lalu pilih Internet -> Network Manager.

Aplikasi Wicd Network Manager akan muncul dengan menampilkan deretan jaringan nirkabel yang tersedia.

Jika jaringan nirkabel tersebut memerlukan kunci enkripsi maka anda perlu mengklik tombol propertiesuntuk dapat terhubung dengan jaringan yang anda tuju.

Selanjutnya, Aplikasi Wicd akan menyediakan metode enkripsi yang tepat untuk jaringan anda.

Lalu masukan kunci enkripsi ke dalam kolom Key.

Setelah anda memasukan kunci keamanan dengan benar, klik OK untuk kembali ke tampilan utama WICD dan tekan connect agar terhubung dengan jaringan. Anda juga dapat menambahkan opsi tersambung secara otomatis dengan mencentang automatically connect to this network jika anda selalu menghubungkan komputer anda pada jaringan yang sama.

Peramban web bawaan Linux Lite adalah Firefox.


Instalasi Perangkat Lunak

Untuk memasang perangkat lunak, klik Menu -> Settings -> Install/Remove Software. Aplikasi pengelola paket bernama Synaptic akan muncul dan anda dapat mencari perangkat lunak yang hendak dipasang.

Untuk memasang perangkat lunak di Synaptic, tandai perangkat lunak yang akan dipasang lalu klik apply untuk memasang perangkat lunaknya. Anda juga dapat menandai lebih dari satu aplikasi yang akan dipasang dan dapat memasangnya secara bersamaan. Turut pula ditampilkan beberapa librari maupun aplikasi penunjang yang dibutuhkan oleh aplikasi yang anda pilih agar dapat berfungsi dengan baik.

Sama halnya dengan Synaptic, Linux Lite juga menyediakan sebuah menu untuk memasang lebih banyak aplikasi yang umum digunakan oleh pengguna komputer biasa.

Untuk mengaksesnya, klik ikon menu lalu pilih install additional Software.
Anda dapat memasang aplikasi kalkulator, pencari file dan folder, pesan instan, remote desktop, restricted extras, pengunduh torrent, penyunting video, Virtualbox, serta Wine

Di dalam paket restricted extras terdapat proprietary librariesdan aplikasi-aplikasi yang memungkinkan anda untuk menggunakan Truetype Fonts, Java, Flash dan aplikasi pemutar MP3.

Jika anda memilih untuk memasang opsi perangkat lunak pihak ketiga saat memasang Linux Lite maka anda mungkin tidak perlu memasang paket restricted extras. Tapi jikalau Flash dan MP3 tidak dapat dimainkan maka cara untuk memperbaikinya ialah dengan memasang paket restricted extras.

Memasang Virtualbox memungkinkan anda untuk menggunakan sistem operasi lain di dalam mesin virtual.

Memasang Wine memungkinkan anda untuk menjalankan aplikasi berbasis sistem operasi Windows di dalam Linux Lite.


Flash dan MP3

Saya tidak memasang perangkat lunak pihak ketiga saat proses pemasang Linux Lite, sehingga untuk dapat memainkan file Flash dan MP3, saya harus memasang paket restricted extras.

Setelah pemasangan paket restricted extras selesai, saya buka situs youtube.com untuk memastikan bahwa aplikasi pemutar Flash telah berfungsi dengan baik.

Untuk dapat mendengarkan MP3 saya melihat perbedaan yang mencolok pada daftar aplikasi pra-instalasi, yaitu tidak adanya sebuah pemutar musik yang terpasang (meskipun sudah tersedia VLC).

Untuk mengatasi masalah ini, saya pasang aplikasi Guayadeque yang juga sudah saya gunakan sebagai pemutar musik bawaan pada Raspberry Pi.

Kostumasi Desktop
Change-background-Linux-Lite
Untuk mengubah background, klik kanan pada area desktop lalu pilih desktop settings.
Sebuah jendela pengaturan akan terbuka dan anda dapat mengubah background dengan memilih background yang ada atau anda juga dapat memilih background sendiri dari gambar yang anda miliki.







Aplikasi
            Accessories
-      Application Finder
: Cara mudah mencari aplikasi
-      Task Manager
: Hampir sama dengan Task Manager di Windows
-      Screenshot

-      Terminal
: Seperti Command Prompt di Windows
-      Leafpad
: Penyunting teks
-      XArchiver
: Pengompres file. Seperti Winrar dan Unzip

Games
-      Steam
-      Tautan untuk membeli permainan Humble Bundle

Graphics
-      GIMP
: Penyunting gambar
-      Ristretto
: Untuk melihat gambar

Internet
-      Firefox
: Peramban web
-      Mumble
: Obrolan atau chat via suara
-      Thunderbird
: Aplikasi surat elektronik pada klien (seperti Outlook)
-      Network Manager
: Untuk membangun koneksi jaringan
-      XChat
: Obrolan IRC
-      XArchiver
: Pengompres file. Seperti Winrar dan Unzip

Multimedia
-      Xburn
: Aplikasi burn(menulis data) pada CD maupun DVD
-      Audio Mixer
: ALSA audio mixer
-      VLC Media Player
: Pemutar musik dan video
-      PulseAudio Volume Control

Office
-      LibreOffice Writer
: Pengolah kata
-      LibreOffice Calc
: Spreadsheet atau dapat dikatakan pengolah angka
-      LibreOffice Impress
: Presentasi
-      PDF Viewer
: Membuka file PDF



Kesimpulan

Telah saya sebutkan di dalam artikel ini bahwa Linux Lite mudah dan ringan untuk digunakan.

Jika anda adalah seorang yang terbiasa dengan lingkungan sistem operasi Windows, terdapat kemungkinan besar Anda juga akan terbiasa dengan Linux Lite.

Menghubungkan ke dalam koneksi internet juga mudah serta dilengkapi dengan Firefox yang merupakan peramban web yang bagus meskipun menurut penilaian saya, tidak sebagus Chromium.

Secara defaultanda memiliki sebagian besar aplikasi yang diperlukan untuk aktivitas komputasi secara umum seperti LibreOffice untuk aplikasi kantoran dan GIMP untuk menyunting gambar. Ada juga Synaptic yang sangat bagus untuk mencari dan memasang beragam aplikasi dari repositori Ubuntu.


Semua aplikasi bawaan yang ada di dalam Linux Lite merupakan aplikasi pilihan dan dikenal luas. Walaupun demikian, terdapat suatu kendala pada paket audio.
Linux Lite sangat responsif. Boot time nya bagus dan menurut saya, kenyamanan yang dirasakan di Linux Lite setara dengan Zorin OS Lite maupun Peppermint OS

Perlu saya sebutkan juga bahwa Linux Lite sangat stabil. Selama satu minggu menggunakan Linux Lite, tidak ada crashdan sejauh ini tidak masalah yang terlalu serius yang saya alami.

Terima kasih atas kunjungannya.


Diterjemahkan(dengan penyesuaian) dari laman:

1 komentar:

  1. Sayangnya, beberapa wi-fi adapter tidak cocok dengan Lite. Trims ulasannya.

    BalasHapus