Semoga selalu bertahan, selalu kuat dan selalu semangat ^_^

Selasa, 14 April 2015

Mengenal Bodhi Linux

 [Artikel terjemahan]


Logo-bodhi-Linux-unixstickers.com
 Apa ituBodhi Linux?
Bodhi Linux adalah sebuah distroLinux berbasis Ubuntu dengan kinerja yang cepat, dapat dikostumasi dan memiliki tampilan desktop yang indah. Keindahan BodhiLinux dipadukan dengan utilitas minimal seperti sebuah browser, teks editor dan peralatan manajemen paket dari foundation Bodhi Linux yang solid.

Minimalis adalah salah satudari dua ideologi Bodhi Linux. Kombinasi darikeindahan dan utilitas inti yang terdapat pada instalasiBody Linux mengarahkan parapengguna komputer pada kecepatan luar biasa dengansystem requirtmentsyang rendah namun dapat menyediakan pengalaman desktop yang indah, dapat digunakan secara bebas dandapat dikostumasi dengan bebas.

Pilihan pengguna adalah perwujudan fitur penting lainnya di dalam Bodhi Linux. Dengan hanya memasukan satu set kecil utilitas bawaan, pengguna bebas untuk menyesuaikan Bodhi Linux menjadi sistem operasi yang mereka inginkan. Para pengguna dapat menginstal banyak aplikasi dari AppCenter, apt-get atau Synaptic sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing. Keputusan ada di tangan anda!

System Requirements
Persyaratan minimal untuk menjalankan Bodhi Linux :
  • Prosesor 300+ MHz
  • RAM 128 MB
  • Kapasitas Harddisk 2,5 GB

Siklus Rilis
Rilis Bodhi Linux adalah rilis “semi-rolling”. Maksudnya, Bodhi Linux mengikuti siklus rilis Ubuntu LTS yang merupakan inti dari Distro ini, tapi diantara sebagian besar rilis, Bodhi Linux melakukan “backport” perangkat lunak kepada semua pengguna Bodhi Linux sehingga versi perangkat lunak yang dipasang di komputer tidak berubah. Ini berarti untuk tetap berada di rilis versi terbaru Bodhi Linux, anda hanya perlu reinstall(memasang kembali) sistem anda setiap dua tahun sekali dan disaat yang sama, versi aplikasi favorit anda tidak berubah (tidak diperbaharui). Rilis Bodhi Linux didukung dan mendapat perbaruan keamanan sama halnya dengan LTS yang didukung oleh Ubuntu, yakni lima tahun.

Download dan Instalasi
Untuk mendownload Bodhi Linux, kunjungi laman http://www.bodhillinux.com dan pilih versi Distro yang cocok dengan perangkat keras yang anda gunakan. Bodhi Linux tersedia dengan pilihan 32-bit dan 64-bit.

Saya menggunakan Unetbootin untuk membuat USB bootable dan saat akan menginstal Bodhi Linux, akan ada pilihan untuk memulai dengan Live mode. Live mode adalah fitur yang memungkinkan pengguna mencoba sebuah sistem operasi yang akan dipasang tanpa harus memasangnya terlebih dahulu ke dalam harddisk. Saat berada di dalam Live mode, terdapat sebuah ikon di desktop yang memungkinkan anda untuk memasang Bodhi Linux sehingga ketika ikon tersebut di-klik, installer-nya akan muncul dan memulai instalasi.

Installer Bodhi Linux sama dengan installer yang ada di Distro Ubuntu, Linux Mint, Zorin OS dan Peppermint.

Langkah-langkah instalasi pada dasarnya memilih apakah anda akan memasang Bodhi Linux berdampingan atau mengantikan sistem operasi yang sudah dipasang, memilih lokasi di mana anda berada, layout keyboard yang anda gunakan, zona waktu, lalu terakhir membuat suatu username beserta password-nya kemudian tunggu sampai proses instalasi sistem lainnya selesai. Lamanya proses instalasi setelah pengisian username beserta password-nya  pada netbook Acer Aspire One adalah lima sampai sepuluh menit dan setelah selesai, akan muncul sebuah pesan yang memuat pertanyaan apakah anda ingin melanjutkan mencoba Live mode atau me-restart komputer dan menjalankan Bodhi Linux yang telah terpasang di harddisk.

Boot Time
Boot Time adalah waktu yang diperlukan untuk menghidupkan sistem komputer dari keadaan mati sampai muncul tampilan login maupun desktop. Boot Time Bodhi Linux  terbilang cepat, yaitu 30 sampai 45 detik.

Tampilan pertama yang muncul adalah login screen lalu setelah login, anda akan diminta untuk memilih tema yang akan digunakan. Bodhi Linux menyediakan tema yang beragam untuk laptop, netbook dan desktop.


Desktop



Tampilan di atas adalah tema bawaan yang terlihat cerah dan rapi.

Bodhi menggunakan E17 dan terdapat tampilan 2 rak atau semacam toolbar bagi mereka yang memilih tema netbook.


Rak bagian atas terlihat seperti task bar tradisional dengan task, virtual windows, ikon setup wireless, ikon audio dan jam digital.


Rak bagian bawah menyediakan ikon-ikon untuk memuat atau membuka aplikasi.

Lebih jauhnya, rak dapat ditambah dan rak yang ada dapat dipindahkan ke beragam lokasi di layar.

Internet

Membangun koneksi internet di Bodhi Linux terbilang mudah. Klik ikon wireless di rak bagian atas dan akan membuka menu yang menampilkan modem yang terpasang dengan komputer anda. Untuk menginstall modem, anda tinggal klik pilihan modem yang tersedia, lalu isi lokasi di mana anda berada kemudian isi APN yang disediakan oleh jasa layanan internet anda.

Bodhi Linux hadir dengan browser internet Midori sebagai bawaannya. Midori adalah browser yang ringan yang bekerja dengan sangat baik.

Flash/Java

Secara default(bawaan) Flash dan Java tidak terinstall di Bodhi Linux, namun anda dapat memasangnya melalui aplikasi Synaptic dan Bodhi App Center.

Anda dapat mengunjungi situs pemutar video online seperti youtube.com untuk memastikan Flash terpasang dengan baik. Jika Flash belum dipasang, akan muncul pesan error seperti di bawah.



Musik

Saya pasang kembali Rhythmbox dari Synaptic untuk memainkan musik karena dengan Bodhi Linux versi sebelumnya saya memiliki beberapa masalah saat memainkan file mp3 menggunakan Rhythmbox yang sudah terpasang.

Lalu saya memutuskan untuk mencoba Banshee dan ini memberikan arahan yang mengharuskan saya memasang plugin Gstremer. Plugin Gstremer telah dipasang namun file mp3 masih belum dapat dimainkan. Lalu saya buka kembali aplikasi Synaptic dan memasang plugin Gstreamer Bad. Setelah plugin dipasang, akhirnya mp3 dapat dimainkan bahkan dengan menggunakan aplikasi Rhythmbox.


Namun masih terdapat satu masalah pada saat keluar dari aplikasi Banshee maupun Rhythmbox. Saat keluar dari aplikasi baik Banshee maupun Rhythmbox, akan muncul dialog box:



Memasang Aplikasi

Salah satu hal yang menurut saya bagus mengenai Bodhi Linux adalah kemampuan untuk memasang beragam jenis aplikasi dengan mudah.



Dapat anda lihat dari gambar di atas bahwa terdapat banyak aplikasi untuk berbagai kebutuhan seperti audio, development(alat-alat pengembangan), ikon, tema, gambar, pendidikan dan lain sebagainya.

Terdapat pula tautan untuk kategori aplikasi yang berbeda seperti peralatan internet, permainan, aplikasi kantoran dan lain sebagainya.

Saat anda mengklik sebuah tautan aplikasi, akan muncul pilihan apakah anda akan memasang atau mengunduh aplikasi tersebut.

Run Everything
Rak yang berada di bagian atas memiliki sebuah menu di dalamnya yang memudahkan anda untuk menavigasi dengan suatu sub menu aplikasi yang tentu saja berisi aplikasi-aplikasi yang sudah disediakan, sebuah navigasi sub menu yang memungkinkan anda untuk melihat navigasi struktur file dan folder.



Saat andaklik “Run Everything”, sebuahaplikasi kecil muncul dan memanduanda untuk mencari aplikasi, window(jendela tampilan) dan pengaturan pada keseluruhan sistem operasi. Sederhananya anda tinggal ketik nama aplikasi yang anda cari danikon aplikasi yang anda cari akanmuncul di window (jendela tampilan) dan anda dapatmengklik ikon tersebut untuk membuka aplikasi yang anda cari.

Selain berada didalam menu yang terletak di rak atas, anda juga dapat menekan “Alt” dan “Esc” secara bersamaan untuk membuka “Run Everything” .

Desktop Themes


Terdapat sejumlah tema berbedayang dapat dipilih. Saya menyukaitema bawaan Bodhi namunsaya juga menyukai tema denganwarna yang lebih gelap seperti gambardi atas.

Namun sayangnya, terdapat beberapa tema yang jika dipasang pada Bodhi Linux, maka tampilannya menjadi tidak sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar