Semoga selalu bertahan, selalu kuat dan selalu semangat ^_^

Kamis, 08 Januari 2015

Pengenalan Distro Linux Debian

Distro Linux DebianAPA ITU DISTRO LINUX DEBIAN?
Proyek Debian adalah sebuah asosiasi atau perkumpulan dari beberapa individu yang merintis pembuatan sebuah sistem operasi yang bebas. Sistem operasi yang telah mereka cipatakan ini dinamai Debian.

Sistem operasi adalah kumpulan dari perintah dasar dan utilitas yang membuat komputer berjalan(berfungsi sebagaimana mestinya). Inti pada sebuah sistem operasi adalah Kernel. Kernel adalah program yang sangat mendasar dalam komputer yang melakukan semua basic housekeeping(program dasar) serta memungkinkan untuk menjalankan beberapa program lainnya.

Saat ini sistem Debian menggunakan kernel Linux atau juga kernel FreeBSD. Linux adalah perangkat lunak yang diciptakan oleh Linus Torvalds dan didukung oleh ribuan programer dari seluruh dunia. FreeBSD adalah sebuah sistem operasi yang mengandung kernel dan perangkat lunak lainnya.

Meskipun begitu, sedang dilakukan upaya agar Debian dapat berjalan pada kernel selain Linux dan FreeBSD, terutama untuk Hurd. Hurd adalah salah satu dari sekumpulan server yang berjalan di puncak sebuah mikrokernel (seperti Mach) untuk mengimplementasikan kumpulan fitur yang berbeda. Hurd adalah perangkat lunak bebas yang diproduksi oleh GNU project.

Sebagian besar peralatan dasar yang mengisi sistem operasi Debian  berasal dari GNU project. GNU Project sendiri terdiri dari: GNU/Linux, GNU/kFreeBSD, dan GNU/Hurd. Alat-alatnya pun juga tersedia dengan lisensi bebas(gratis).

Tentu saja, hal yang orang-orang inginkan adalah perangkat lunak aplikasi yang membantu mereka menyelesaikan apa yang mereka kerjakan. Mulai dari mengedit dokumen untuk menjalankan bisnis, untuk bermain game sampai membuat perangkat lunak. Debian hadir dengan lebih dari 37500 paket (terdiri dari perangkat lunak yang belum dikompilasi yang membuatnya mungkin untuk mengelola ribuan paket dalam ribuan komputer semudah memasang sebuah aplikasi). Dan itu semua bebas(gratis).

Sama halnya seperti sebuah menara. Bagian paling dasar dari menara tersebut kita sebut saja sebagai kernel dan puncak dari bagian tersebut adalah semua basic tools(alat-alat dasar). Bagian selanjutnya adalah perangkat lunak yang berjalan dalam komputer anda. Dan bagian puncak dari menara tersebut adalah Debian – diatur secara hati-hati dan menyesuaikan segalanya sehingga semua dapat bekerja sama satu sama lainnya.

APAKAH SEMUA BEBAS(GRATIS)?
Anda mungkin bertanya-tanya? Mengapa ada orang yang menghabiskan waktu mereka untuk menulis atau membuat perangkat lunak, mempaketkannya dengan hati-hati kemudian memberikannya secara cuma-cuma? Jawabannya bervariasi. Ada yang memang suka membantu orang lain, ada yang banyak menulis program untuk mempelajari komputer dan kebanyakan adalah orang-orang yang mencari cara untuk menghindari pembayaran dari meningkatnya harga perangkat lunak. Sejumlah pengembang baru juga ikut berkontribusi sebagai ucapan terima kasih kepada semua perangkat lunak bebas(gratis) yang telah mereka terima dari pengembang lain. Banyak akademisi menciptakan perangkat lunak bebas(gratis) untuk membantu mendapat hasil penelitian mereka ke dalam penggunaan yang lebih luas. Beberapa pengusaha membantu mempertahankan dan menjaga perangkat lunak bebas(gratis) sehinga mereka dapat mengungkapkan bagaimana perangkat lunak bebas(gratis) berkembang. Tidak ada cara yang lebih cepat untuk mendapatkan fitur terbaru melebihi anda mencoba mengimplementasikannya sendiri! Tentu saja, banyak dari kami yang menemukan kesenangan saat mencobanya.

Debian juga berkomitmen pada perangkat lunak bebas(gratis) yang kami pikir dapat berguna jika komitmen tersebut disusun secara resmi dalam dokumen tertulis. Dengan demikian, terlahirlah kontrak sosial kami di laman https://www.debian.org/social_contract

Meskipun Debian berada dalam perangkat lunak bebas(gratis), ada juga kasus dimana orang-orang ingin atau perlu menempatkan perangkat lunak tidak bebas(gratis) dalam komputer mereka. Debian akan mendukungnya jika hal tersebut memungkinkan. Bahkan ada peningkatan dari sejumlah paket yang tugasnya adalah untuk memasang perangkat lunak tidak bebas(gratis) ke dalam sistem Debian.


ANDA KATAKAN BEBAS(GRATIS), TAPI CD/BANDWITH MEMBUTUHKAN BIAYA.
Anda mungkin bertanya: “Jika perangkat lunak tersebut bebas(gratis), mengapa saya harus membayar kepada penjual CD atau membayar kepada penyedia jasa internet untuk mendapatkannya?"

Saat membeli sebuah CD perangkat lunak bebas(gratis), anda membayar waktu seseorang, modal untuk membuat cakram(disc) dan risiko lainnya (dalam hal ini, mereka tidak akan menjual semuanya karena suatu alasan). Dengan kata lain, anda membeli media fisik yang digunakan untuk mendapatkan perangkat lunak tersebut, bukan untuk membeli perangkat lunaknya.

Ketika kami menggunakan kata “free”(bisa diartiartikan bebas/gratis), kami merujuk pada kebebasan perangkat lunak, bukan berarti tanpa biaya untuk mendapatkannya. Untuk keterangan lebih lanjut, anda bisa membacanya di laman https://www.debian.org/intro/free dan http://www.gnu.org/philosophy/free-sw.

KEBANYAKAN PERANGKAT LUNAK DIBANDROL DENGAN HARGA LEBIH DARI 100 DOLLAR US. BAGAIMANA BISA ANDA MEMBERIKANNYA SECARA CUMA-CUMA?
Pertanyaan yang lebih bagus adalah bagaimana perusahaan perangkat lunak mendapatkan begitu banyak pemasukan uang? Membuat perangkat lunak tidak seperti membuat sebuah mobil. Sekali anda membuat satu salinan dari perangkat lunak yang anda ciptakan, biaya produksi untuk membuat jutaan salinan akan lebih kecil (itulah alasan mengapa Microsoft memiliki begitu banyak uang di bank).

Lihatlah pada sudut pandang yang berbeda. Jika anda memiliki sebuah persedian pasir yang tidak terbatas di halaman belakang rumah anda, anda mungkin bersedia untuk membagikan sendiri secara cuma-cuma pasir tersebut kepada semua orang. Keinginan tersebut bisa dibilang tidak masuk akal meskipun jika anda membayar pengangkutan pasir menggunakan truk dan mengangkut pasir tersebut ke orang lain. Anda mungkin lebih memilih untuk membuat mereka datang dan mengambil pasir sendiri(perumpaan untuk mengunduh dari internet) atau mereka bisa membayar orang lain untuk membawa pasir dari halaman belakang rumah anda ke halaman rumah mereka(perumpamaan untuk membeli CD). Itulah perumpamaan bagaimana Debian beroperasi dan mengapa kebanyakan harga CD/DVD Debian begitu murah(hanya sekitar 12 Dollar US untuk 4 DVD).

Debian tidak mendapatkan uang dari hasil penjualan CD. Walau bagaimana pun juga, uang diperlukan untuk membayar beberapa perluasan dan promosi seperti registrasi domain dan pembelian perangkat keras. Meskipun demikian, kami meminta anda untuk membeli dari salahsatu penjual CD di https://www.debian.org/CD/vendors/ yang mendonasikan sebagian dana penjualannya kepada Debian.

JENIS PERANGKAT KERAS YANG MENDUKUNG?
Debian bisa dijalankan pada sebagian besar komputer pribadi, termasuk model yang lebih usang. Setiap rilis Debian terbaru secara umum mendukung sejumlah besar arsitektur komputer. Untuk daftar lengkap mengenai hardware yang didukung, lihat laman https://www.debian.org/releases/stable/.

Debian mendukung hampir semua jenis perangkat keras. Jika anda ingin memastikan semua perangkat yang terhubung pada komputer anda mendukung sistem Linux, lihat laman http://www.tldp.org/HOWTO/Hardware-HOWTO/.

Ada beberapa perusahaan yang membuat kendala dukungan dengan tidak merilis spesifikasi dari perangkat keras produksi perusahaan tersebut. Ini artinya anda mungkin tidak dapat mengoperasikan perangkat keras tersebut dengan GNU/Linux. Beberapa perusahaan menyediakan driver tidak bebas(gratis), dan hal tersebut dapat menjadi masalah jika perusahaan tersebut bangkrut atau menghentikan dukungan perangkat lunak yang anda miliki. Kami anjurkan anda untuk membeli perangkat keras yang berasal dari manufaktur yang menyediakan driver bebas(gratis) pada produknya.

SAYA MENCARI INFORMASI LEBIH BANYAK LAGI.
Anda mungkin ingin melihat-lihat FAQ  kami di laman https://www.debian.org/doc/manuals/debian-faq/

SAYA TETAP TIDAK YAKIN.
Jangan anda ragu atas penjelasan kami sebelumnya. Cobalah Debian oleh anda sendiri. Anda bisa menyisihkan kapasitas harddisk anda sekitar 2 GB untuk mencoba Debian berbasis grafik. Jika anda tidak menginginkan tampilan grafik, anda bisa menyisihkankan 600MB kapasitas harddisk anda untuk Debian dengan tampilan teks. Debian dapat mudah dipasang pada kapasitas harddisk tersebut dan dapat berdampingan dengan sistem operasi yang ada pada harddisk anda. Jika nantinya anda memerlukan ruang harddisk yang kosong, anda dapat menghapus salahsatu dari sistem operasi(dan setelah anda melihat ketangguhan dari sistem Debian, kami yakin anda tidak akan menghapus Debian).

Karena mencoba sebuah sistem operasi baru akan memakan waktu anda yang berharga, itu bisa dimengerti bahwa anda mungkin memiliki kesibukan tersendiri. Untuk alasan tersebut, kami mengkompilasi sebuah daftar dari pro dan kontra Debian di laman https://www.debian.org/intro/why_debian. Dengan melihat daftar tersebut, sebaiknya anda memutuskan apakah ini sesuatu yang patut anda coba atau tidak. Kami berharap anda menghargai kejujuran kami.

BAGAIMANA SAYA MENDAPATKAN DEBIAN?
Anda bisa memasang Debian dari CD yang anda beli dari satu atau banyak penjual CD kami. Jika anda memiliki akses internet yang memadai, anda bisa mengunduh dan memasang Debian melalui internet.
Untuk informasi lebih lanjut, lihat laman https://www.debian.org/distrib/
Jika anda belum memahami laman mengenai cara memilih jenis Debian yang cocok untuk perangkat keras anda, lihatlah laman http://www.tldp.org/HOWTO/Hardware-HOWTO/

Jangan lupa untuk melihat-lihat paket yang kami sediakan(semoga saja anda tidak bingung oleh banyaknya nomor paket yang ada)

SAYA TIDAK DAPAT MEMBANGUN SEMUANYA SENDIRI. BAGAIMANA SAYA MENDAPAT DUKUNGAN ATAS DEBIAN?
Anda bisa mendapat bantuan dengan membaca dokumentasi yang tersedia baik dari situs web maupun dari paket yang diinstal pada sistem anda. Anda juga dapat menghubungi kami melalui fasilitas e-mail ataupun menggunakan IRC. Bahkan anda dapat menyewa konsultan untuk membangunnya.
Informasi lebih lanjut, kunjungi laman dokumentasi dan dukungan di https://www.debian.org/doc/ dan https://www.debian.org/support.

DIMANA PARA PENGEMBANG DEBIAN BERADA?
Debian dikembangkan oleh ribuan pengembang aktif di seluruh dunia yang secara sukarela meluangkan waktu mereka untuk mengembangkan Debian. Beberapa pengembang sudah bertemu secara langsung. Komunkasi dilakukan terutama melalui e-mail (milis di lists.debian.org) dan IRC (#kanal Debian di irc.debian.org).

Proyek Debian memiliki struktur organisasi yang apik. Untuk informasi lebih lanjut mengenai bagaimana Debian dari dalam, kunjungi pojok pengembang.

SIAPA YANG MENGGUNAKAN DEBIAN?
Meskipun tidak tersedianya data statistik yang tepat (sejak Debian tidak memerlukan pendaftaran pada para pengguna), terdapat bukti yang sangat kuat bahwa Debian digunakan oleh berbagai organisasi, mulai dari organisasi kecil hingga besar, serta ribuan pengguna komputer. Lihat laman Siapa yang sedang menggunakan Debian? untuk melihat data profil organisasi yang telah mengirimkan deskripsi singkat mengenai bagaimana dan mengapa mereka menggunakan Debian.

BAGAIMANA SEMUA INI DIMULAI?
Debian dimulai pada Agustus 1993 oleh Ian Murdock sebagai suatu distro baru yang terbuka juga sebagai semangat dari Linux dan GNU. Debian dimaksudkan untuk sistem operasi yang dilakukan secara hati-hati dan bersungguh-sungguh agar dapat ditempatkan bersama, dijaga serta didukung dengan perawatan yang sama. Debian dimulai dari sesuatu yang kecil, menjadi alat-alat kelompok ahli perangkat lunak bebas(gratis) dan secara bertahap menjadi sesuatu yang besar serta menjadi komunitas pengembang dan pengguna sistem operasi yang terorganisir dengan baik. Lebih lanjutnya, kunjungi laman https://www.debian.org/doc/manuals/project-history/

Informasi tambahan: Debian diucapkan /'de.bi.an/. Nama Debian muncul dari nama pencipta Debian, Ian Murdock dan istrinya, Debra.

Diterjemahkan dari laman: https://www.debian.org/intro/about

Tidak ada komentar:

Posting Komentar