Semoga selalu bertahan, selalu kuat dan selalu semangat ^_^

Rabu, 27 Mei 2015

Pengenalan Linux bagi Pemula

Pengenalan-Linux-bagi-Pemula
Apa itu Linux?
Sederhananya, Linux adalah sebuah kernel(inti) sistem operasi. Arti dari sistem operasi secara keseluruhan adalah seperangkat perangkat lunak di dalam komputer yang mengelola ‘sumber daya di dalam sistem komputer’(perangkat keras) agar dapat melakukan tugas/fungsi yang diinginkan. Secara umum, cara kerja sistem operasi ialah meneruskan instruksi dari sebuah aplikasi menuju prosesor yang berada di dalam sistem komputer. Prosesor melakukan tugas yang telah diinstruksikan lalu hasilnya dikirimkan kembali ke aplikasi melalui sistem operasi.


Siapa yang membuat Linux?
Pada tahun 1991, Linus Torvalds mempelajari UNIX di University of Helsinki, Finlandia. Dia menggunakan sebuah sistem operasi eksperimental yang biasa dipelajari untuk kepentingan pendidikan yang disebut Minix. Minix sendiri adalah versi lain dari UNIX yang digunakan di lingkungan akademik. Akan tetapi, Minix memiliki keterbatasan dan Linus merasa ia dapat membuat sesuatu yang lebih baik daripada Minix. Kemudian ia mengembangkan Minix versi-nya sendiri, yang dinamakan Linux.

Jadi, Linux ialah sebuah kernel(inti sistem operasi) yang dikembangkan oleh Linus. Selanjutnya kernel tersebut dibundel dengan sistem utilitas dan libraries(pustaka) dari “GNU project” agar dapat menghasilkan sebuah sistem operasi yang dapat digunakan. Terkadang, orang menyebut istilah “Linux” sebagai “GNU/Linux” karena sistem utilitas dan libraries yang ada di dalam sistem operasi Linux berasal dari “GNU projects”. Linus Torvalds sendiri dihormati sebagai pencipta Kernel Linux, bukan sebagai pencipta sistem operasi Linux secara keseluruhan.

Berikut adalah deskripsi sederhana mengenai hubungan antara kernel Linux dan sistem operasi Linux: Hubungan-Sistem-Operasi-Linux-dan-Kernel-Linux

Sistem operasi Linux = Kernel Linux + Sistem utilitas dan librariesdari “GNU projects” + skrip instalasi + utilitas manajemen dan komponen pembentuk Distro/sistem operasi Linux lainnya.

Perlu diperhatikan bahwa saat ini, Linux dikemas dalam beberapa jenis distro Linux yang beragam. Sistem operasi Linux dan kernel yang ada didalamnya disesuaikan dengan perangkat keras tertentu guna memenuhi kebutuhan yang berbeda seperti:
  1. Server
  2. Desktop
  3. Router
  4. Workstation
  5. Mainframe
  6. Supercomputer
  7. Beragam perangkat embedded
  8. Perangkat Mobile seperti: Smartphone


Mengapa Linux?
Linux menjadi salah satu sistem operasi yang banyak digunakan oleh berbagai pengguna komputer di seluruh dunia. Dan kebanyakan data center besar di seluruh penjuru dunia juga menggunakan Linux. Berikut adalah beberapa alasan mengapa anda sebaiknya menggunakan Linux:
  1. Bebas dan Gratis
  2. Lebih aman terhadap ancaman virus dibandingkan dengan sistem operasi server maupun desktop lainnya
  3. Kompatibel dengan banyak perangkat keras yang ada
  4. Mudah dioperasikan
  5. Proses pembaharuan sistem yang mudah
  6. Cepat dan ringan
  7. Memiliki komunitas pengguna dan pengembang yang besar.


Di mana kita dapat menjumpai Linux?
Microsoft Windows dan OS X dapat dijumpai di komputer personal seperti Desktop dan Laptop. Sistem operasi lainnya seperti Symbian, dapat dijumpai di dalam perangkat Mobile, seperti Telepon genggam dan PDA. Ada juga sistem operasi Mikrotik yang digunakan sebagai Router. Adapun Mainframe dan Supercomputer (yang dapat dijumpai di lingkungan Universitas tertentu dan Laboratorium perusahaan) menggunakan sistem operasi khusus seperti AS/400 dan Cray OS. Lantas di mana kita dapat berjumpa dengan Linux?

Linux, yang memulai eksistensinya sebagai sebuah Sistem Operasi Server, telah hadir menjadi sistem operasi untuk komputer personal yang layak disandingkan dengan Microsoft Windows dan OS X. Lebih jauhnya, Linux dapat dipasang pada perangkat Mobile, Router, Mainframe, bahkan Supercomputer sekalipun. “From wristwatches to supercomputer” yang artinya dari jam tangan menjadi Supercomputer, adalah kiasan populer yang dapat menggambarkan kemampuan Linux.


Distro Linux
Distribusi Linux, atau yang lebih populer disebut ‘Distro Linux’, ialah sebutan bagi sistem operasi beserta aplikasi di dalamnya yang menggunakan kernel Linux. Terdapat banyak Distro Linux yang tersedia. Ada yang versi komersial (berbayar) dan ada juga yang gratis. Distro-distro tersebut ada yang berkembang dan menjadi besar, namun ada juga yang hilang begitu saja seiring dengan berkurangnya dukungan komunitas dan pengembangan distro tersebut. Debian, Red Hat serta OpenSUSE merupakan contoh distro yang saat ini sedang populer digunakan. Jika anda ingin melihat Distro-Distro Linux lainnya, silakan kunjungi situs Distrowatch.com. Di dalam situs tersebut, Tersedia tampilan beragam Distro Linux yang ada di seluruh dunia dalam kategori ranking serta waktu rilis. Sehingga anda dapat mengetahui Distro Linux yang sedang populer beserta dengan rilis Distro Linux terbaru.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar