Semoga selalu bertahan, selalu kuat dan selalu semangat ^_^

Kamis, 15 Januari 2015

Beberapa Alasan Memilih Linux Debian

Alasan memilih Linux Debian
monkeymagico.deviantart.com
 Terima kasih atas pertimbangannya menggunakan Debian di dalam komputer anda. Jika anda tidak yakin mengapa sebaiknya anda mencoba Debian, pertimbangkan hal-hal di bawah ini: 

DEBIAN DIPELIHARA OLEH PENGGUNANYA
Jika sesuatu perlu diperbaiki atau ditingkatkan, hanya kami saja sebagai pengembang dan pengguna yang melakukannya.




DUKUNGAN
Surat yang dikirim ke milisakanmendapat jawaban tanpa pungutan biaya dalam waktu 15 menit bahkan kurang oleh orang-orang yang mengembangkannya. Bandingkan dengan jenis dukungan melalui telepon. Berjam-jam menghabiskan waktu di telepon hanya untuk mendapatkan seseorang yang mungkin tidak mengetahui sistem dengan cukup baik bahkan untuk memahami pertanyaan anda meskipun anda membayarnya.

ANDA TIDAK AKAN SENDIRI DALAM PILIHAN ANDA
Banyak organisasi dan perseorangan dalam jangkauan luas menggunakan Debian. Lihatlah laman https://www.debian.org/users/Untuk deskripsi singkat mengenai beberapa profil organisasi atau perseorangan yang menggunakan Debian dan telah memilih untuk mengirimkan sebuah deskripsi singkat mengenai bagaimana dan mengapa mereka memilih Debian.

SISTEM PEMAKETAN TERBAIK DI DUNIA
Merasa tidak nyaman dengan tidak tertatanya file usang dari 3 versi perangkat lunak di sistem komputer anda? atau menginstal kepingan perangkat lunak hanya untuk menemukan penyebab sistem anda rusak dikarenakan ketidaksesuaian perangkat lunak di sistem komputer anda? Dpkg, sistem yang bertanggungjawab dalam pemaketan dari Debian, peduli atas masalah anda yang telah disebutkan di atas.

INSTALASI YANG MUDAH
Debian hadir dengan lebih dari 37500 kepingan perangkat lunakyang berbeda. Setiap bit dari kepingan tersebut adalah gratis. Jika anda memiliki perangkat lunak berbayar yang berjalan di bawah GNU/Linux atau GNU/kFreeBSD, anda tetap bisa menggunakannnya. Faktanya, bahkan ada kemungkinan sebuah installer di dalam Debian yang akan secara automatis memasang dan membangun segalanya untuk anda.

PAKET TERINGRASI DENGAN BAIK
Debian melampaui semua distro Linux lain dalam hal mengintegrasikan paket. Semenjak semua perangkat lunak dipaketkan oleh kelompok yang koheren, semua paket Debian dapat ditemukan pada beberapa situs yang menjadi bagian dari kelompok pengembang Debian. Anda juga mendapat jaminan bahwa kami telah mencoba serta memperbaiki semua permasalahahan mengenai kerumitan dependensi. Sementara ini kami merasa bahwa format deb memiliki beberapa keuntungan atas format rpm, deb adalah integrasi antara beberapa paket yang membuat sebuah sistem Debian menjadi lebih kokoh.

KODE SUMBER
Jika anda adalah seorang pengembang perangkat lunak, anda akan mengapresiasi fakta yang ada bahwa ratusan alat pengembangan dan bahasa, ditambah jutaan garis kode sumber yang ada di dalam sistem dasar Debian. Semua perangkat lunak yang ada di dalam distribusi utama harus memenuhi kriteria dari Debian Free SoftwareGuidelines (DFSG).Maksudnya bahwa anda bebas menggunakan kode yang ada untuk pembelajaran atau untuk menggabungkannya ke dalam proyek baru perangkat lunak bebas(gratis). Ada banyak juga alat dan kode yang cocok digunakan untuk proyek pribadi, khusus serta berbayar.

DAPAT DITINGKATKAN DENGAN MUDAH
Karena bagusnya sistem pemaketan kami, peningkatan menuju versi baru Debian sangatlah sederhana. Anda tinggal menjalankan perintah apt-get update && apt-get dist-upgrade (atau aptitude update && aptitude dist-upgrade untuk rilis terbaru) dalam konsol terminal dan anda juga dapat melakukan pengingkatan versi dari sebuah CD dalam hitungan menit atau dari titik apt pada salah satu dari 300 lebih mirrorDebian dan meningkatkan versinya dari internet

LEBIH DARI SATU ARSITEKTUR DAN KERNEL
Saat ini Debian mendukung banyak arsitektur CPU seperti: alpha, amd64, armel, hppa, i386, ia64, mips, mipsel, powerpc, s390 dan sparc. Selain kernel Linux, Debian juga dapat dijalankan pada kernel GNU Hurd dan FreeBSD dan dengan utilitas debootstrap, anda akan kesulitan untuk menemukan sebuah perangkat yang tidak dapat menjalankan Debian.

SISTEM PELACAKAN BUG
Debian memiliki sistem pelacakan bugyang tersedia bagi publik. Kami tidak mencoba untuk menyembunyikan fakta bahwa perangkat lunak tidak selalu bekerja sesuai dengan keinginan pengguna. Pengguna didorong untuk mengirimkan laporan bug dan akan diberitahu kapan bug ditutup(diperbaiki). Sistem laporan ini mengijinkan Debian untuk merespon masalah secara cepat dan jujur.

Jika anda belum merupakan seorang pengguna Debian, anda juga mungkin akan menikmati beberapa keuntungan di bawah ini:

KESTABILAN
Ada banyak kasus dimana diperlukan mesin/komputer yang berjalan untuk lebih dari satu tahun tanpa dimatikan dan dihidupkan kembali. Bahkan meraka hanya sekali dimatikan dan dihidupkan kembali karena masalah pada tegangan listrik atau peningkatan perangkat keras. Bandingkan dengan sistem operasi lain yang kadang harus dimatikan dan dihidupkan kembali lebih dari satu kali dalam sehari karena bermasalah pada sistemnya.

CEPAT DAN TIDAK MEMBERATKAN MEMORI
Sistem operasi lain mungkin cepat dalam satu atau dua area. Akan tetapi, Debian yang berdasarkan GNU/Linux atau GNU/kFreeBSD memiliki kecepatan yang handal namun tidak serta merta memberatkan memori.

KEBANYAKAN DRIVER PERANGKAT KERAS DITULIS OLEH PENGGUNA GNU/Linux ATAU GNU/kFreeBSD, BUKAN OLEH PRODUSEN PERANGKAT KERASNYA
Meskipun hal ini berarti penundaan terhadap didukung atau tidaknya perangkat keras baru, ini memugkinkan dukungan untuk waktu yang lama bagi perangkat keras bahkan setelah produsen perangkat keras tersebut berhenti memproduksinya ataupun bangkrut. Karena kebanyakan driver ditulis/dibuat oleh pengguna GNU/Linux ataupun GNU/kFreeBSD

SISTEM KEAMANAN YANG HANDAL
Debian dan komunitas perangkat lunak bebas(gratis) sangat responsif untuk memastikan bahwa perbaikan masalah keamanan dapat masuk ke dalam distribusi dengan cepat. Perbaikan paket-paket selalu diunggah dalam beberapa hari. Ketersediaan kode sumber memungkinkan keamanan di dalam Debian dievaluasi dalam sebuah pengaturan yang mencegah lemahnya model keamanan saat diimplementasikan. Kebanyakan proyek perangkat lunak bebas(gratis) juga memiliki sistem peer-review(penilaian sejawat) yang mencegah potensi masalah keamanan saat dikenalkan pada sistem utama.

KEAMANAN PERANGKAT LUNAK
  Segala hal yang dikirim ke internet dapat dibaca oleh segala mesin komputer  diantara anda dan penerima. Debian memiliki paket perangkat lunak dari GPG(dan PGP) yang mengijinkan surat elektronik dikirim secara pribadi diantara para pengguna. Sebagai tembahan, SSH memungkinkan anda untuk membuat koneksi yang aman dengan mesin komputer lain yang telah terpasang SSH.
Debian tentu saja tidak sempurna. Ada tiga area yang merupakan penyebab umum dari beberapa keluhan yang kami terima.

KURANGNYA PERANGKAT LUNAK KOMERSIAL YANG POPULER”
Memang benar bahwa beberapa perangkat lunak yang populer tidak tersedia untuk Debian. Walaupun demikian, ada tiruan program untuk kebanyakan perangkat lunak yang populer yang didesain untuk meniru fitur terbaik dari program berbayar, dengan penambahan nilai free software.

Kurangnya program kantoran seperti Word atau Excel seharusnya bukanlah menjadi sebuah masalah karena Debian memasukan tiga aplikasi kantoran yang seluruhnya tersusun dari perangkat lunak bebas(gratis)yaitu: LibreOffice,Calligra,dan GNOME officeapplications.

Tersedia juga beragam aplikasi kantoran berbayar, yaitu: Applixware(anyware),HancomOfice,Axene dan lain-lain.

Untuk mereka yang tertarik dalam database, Debian bekerjasama dengan dua program database yang populer, yaitu: MySQLdan PostgreSQL. Ada juga SAP DB, Informix, IBM DB2 dan aplikasi database lain yang tersedia untuk GNU/Linux.

Beragam jenis perangkat lunak berbayar hadir dalam jumlah yang lebih besar juga karena lebih banyak perusahaan yang menemukan kekuatan dari GNU/Linux / GNU/kFreeBSD dan sebagian besarnya yang belum tersentuh dengan pesatnya pengguna awam (semenjak GNU/Linux dan GNU/kFreeBSD dapat didistribusikan secara bebas, angka penjualan/pendistribusian tidak dapat digunakan untuk memperkirakan pengguna. Perkiraan terbaik adalah bahwa GNU/Linux memiliki 5% pasar dengan 15 juta pengguna pada awal tahun 2001)

Debian sulit untuk dikonfigurasi”
Perlu ditekankan bahwa yang dikatakan sulit di sini adalah konfigurasi, bukan instalasi, karena beberapa orang menemukan instalasi awal Debian lebih mudah daripada Windows. Malahan banyak perangkat keras (contohnya printer) dapat dikonfigurasi dengan mudah. Beberapa perangkat lunak juga dapat memiliki skrip yang akan memandu pengguna untuk melakukan konfigurasi (setidaknya untuk kebanyakan setup umum). Ini adalah area yang sedang diupayakan agar lebih baik dalam peruntukannya.

Tidak mendukung semua perangkat keras”
Terutama untuk perangkat keras yang sangat baru, sangat usang bahkan sangat langka. Juga perangkat lunak yang tergantung pada driver perangkat lunak yang rumit yang produsennya hanya menyuplai/menyediakan driver untuk platform Windows (contohnya perangkat lunak modem dan beberapa perangkat wireless laptop). 
Akan tetapi, banyak kasus pada perangkat keras yang tidak mendukung di Debian, dapat berfungsi dengan baik karena tersedianya driver perangkat keras lain atau driver tiruan yang cocok. Beberapa perangkat keras tidak mendukung karena vendor(pembuat/penjual) memilih untuk tidak menyediakan spesifikasi perangkat kerasnya. Ini juga area yang sedang kami upayakan.

Jika penjelasan di atas belum cukup meyakinkan anda untuk menggunakan Debian, pertimbangkanlah hal berikut: biaya tidak terlalu tinggi(sekecil biaya koneksi jaringan), instalasi yang mudah, dan benar-benar multitaskingyang dapat memudahkan anda melipatgandakan produktifitas anda. Bagaimana anda dapat sanggup menahan godaan untuk tidak mencobanya?

Diterjemahkan dari laman: https://www.debian.org/intro/why_debian

2 komentar:

  1. Bingung juga... Tapi menurut saya Debian sangat cocok bagi pengguna yang sudah berpengalaman...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Debian cocok untuk semua kalangan bahkan oleh pengguna baru sekalipun.

      Terima kasih atas kunjungan dan komentar anda :)

      Hapus